Sabtu, 31 Januari 2009

Sikuai Island





Beruntunglah kami bisa menikmati pulau sikuai disaat sepi. Selain kami ber-6, tamu lain hanya sepasang bule dan 2 pasang turis lokal…… It’s like we own the island karena sepiiiiiiiiiiiii banget, puas deh mo ngapain aja. Yang paling nikmat adalah leyeh-leyeh di sunset plaza yang lokasinya di puncak pulau sikuai. Gak nyesel harus naik tangga sampai ngos-ngosan, karen begitu sampai di atas pemandangannya Subhanallah mantabs!! Anginnya semilir gak terlalu kencang. Membuai deh, bikin betah lama-lama di atas sambil menunggu sunset di ufuk barat :)

**

Sikuai, Mutiara Pantai Barat

Pulau Sikuai berlokasi di kelurahan Sungai Pisang, kecamatan Bungus Teluk Kabung, kotamadya Padang, Sumatera Barat. Sikuai dikelilingi pulau-pulau kecil seperti pulau Sirandah, Sironjong, Mintagor, Pagang, Bawah, dan Pasumpahan. Pulau yang disebut terakhir dipercaya sebagai tempat ibu Malinkundang mengeluarkan sumpah untuk anaknya yang durhaka.

Saat ini, Sikuai dikelola oleh PT. Pusako Sikuai Wisata yang kemudian mendirikan Hotel Pusako Sikuai Island Resort. Hotel resort berbintang dua ini dilengkapi dengan fasilitas akomodasi berupa 25 cottage berisi 50 kamar yang dasar bangunannya adalah kayu. Masing-masing kamar berukuran 40 m2 dilengkapi teras dengan view ke laut, AC, televisi 21 inci, kulkas, serta kamar mandi dengan pilihan air panas dan dingin.

Fasilitas resort lainnya adalah Lumbo-lumbo Restaurant, Bar Gurito, diskotek, karaoke, meeting room, children play ground, dan sejumlah fasilitas bahari lainnya.

Sikuai Resort didesain oleh seorang arsitek Jepang dengan menggabungkan aksen Mentawai dan Minang. Tata letaknya disesuaikan dengan karakteristik asli pulau. Cottage-cottage dan bangunan resort lainnya mengikuti ketinggian lahan, sehingga semua bangunan menyajikan view yang langsung ke laut dan pulau Sumatera.

Secara keseluruhan, luas bangunan resort sekitar 2,4 hektare dari 44,4 hektare total daratan pulau Sikuai. Kawasan di luar service area tetap dibiarkan seperti aslinya berupa hutan dan pantai. Anda bisa dengan mudah menyaksikan hewan langka yang dilestarikan seperti kura-kura laut, lumba-lumba, biawak, enggang, monyet, hingga tupai.

Selain bangunan resort berupa lobby, restoran dan penginapan, Sikuai juga sudah dilengkapi dengan jalan lingkar pulau yang memudahkan pengunjung menikmati seluruh sudut pemandangan laut. Jalan lingkar permanen ini terbuat dari beton yang dirancang khusus untuk jogging track dan lintasan sepeda. Dibutuhkan sekitar satu jam untuk mengelilingi jalan lingkar ini dengan berjalan kaki. Tapi kalau Anda lebih suka naik sepeda, pihak pengelola secara khusus menyewakannya, sehingga pengunjung tak perlu repot membawa sepeda sendiri ke pulau.

Melewati jogging track, saya menyaksikan hutan perawan di satu sisi dan pemandangan laut di sisi lain. Hutan Sikuai menjadi unik karena pohon-pohon besar dan kecil tumbuh di atas batu-batu hitam raksasa. Akarnya membelit dan mengeluarkan air jernih sehingga memberikan efek kepurbaan. Hutan inilah yang memungkinkan manajemen resort tidak pernah khawatir kekurangan air. Setelah sumber-sumber air terkumpul dalam sebuah wadah penampungan, debitnya menganak sungai dan sanggup mensuplai kebutuhan untuk kolam renang, air minum dan kepentingan-kepentingan lain.

Sedang pada sisi laut, pengunjung bisa menikmati karang-karang di bawah laut yang sangat jernih. Bahkan ikan warna-warni terlihat jelas bagai kehidupan dalam sebuah aquarium raksasa.

Setelah puas keliling jogging track, kegiatan lain yang tak kalah menariknya adalah berjuang menuju Sunset Plaza. Ya, untuk mencapainya, Anda harus melewati 395 anak tangga dengan pemandangan yang sangat fantastis. Sunset Plaza adalah satu lokasi di puncak dataran Sikuai sebagai tempat paling ideal menikmati matahari terbenam. Dan tahu tidak, Anda bisa melakukan pekerjaan romantis ini sambil berendam di kolam renang jernih yang dibangun persis di atas bukit. Konon, tamu-tamu bule paling suka menikmati kolam itu sambil full naked. Mereka tak ingin diganggu…

Untuk kegiatan sport, pengelola pulau menyediakan beberapa kegiatan seperti lokasi panjat tebing. Arenanya terdiri dari 4 rute dengan tingkat kesulitan antara 5.8 sampai 5.10 (istilah klasifikasi untuk rock climbing). Juga ada areal voli pantai dan kolam renang di dekat lokasi cottage. Sedangkan kegiatan sport di laut bisa diisi dengan diving. Pulau Sikuai memiliki diving centre yang dikelola oleh instruktur selam berpengalaman. Salah satu diving sport yang terkenal di Indonesia adalah areal sekitar pulau Sironjong yang jaraknya hanya 45 menit dari Sikuai. Diving centre ini termasuk dalam daftar pengakuan dunia internasional dan dimasukkan dalam buku petunjuk tempat pilihan selam dunia.

Dalam pengelolaan lingkungan, utamanya ekologi laut di sekeliling pulau, Sikuai Resort dibantu oleh Universitas Bung Hatta dan Ekologi Club dari perusahaan CALTEX. Proyek mereka bernama Pantai Laut Mini yang sekaligus adalah pantai utama Sikuai Resort. Diyakini, sekurang-kurangnya 5 spesies koral langka hidup dan berkembang di taman laut ini dan menjadi salah satu ekowisata andalan Sikuai. Untuk menikmatinya, cukup bermain snorkeling. Tapi kalau hanya ingin mengapung di laut berjam-jam sambil tiduran, Anda bisa menyewa kano yang disediakan untuk itu.

Artikel from: http://www.insidesumatera.com/?open=view&newsid=305&cat=2

Jumat, 30 Januari 2009

ketika mimpi mulai menjadi nyata

Suatu hari saya terpaku di depan monitor memandangi setumpuk dokumen outstanding yang sepertinya gak makin surut malah makin menggunung.

Kembali ke dunia nyata setelah 5 hari liburan di padang-bukittinggi-sikuai.

 

Sepertinya waktu gak ada habisnya disini, diri gak ada sempurnanya disini dan kerjaan gak ada habisnya. Tetangga cubicle saya bilang alhamdulillah masih bisa kesel setiap hari, masih bisa dikejar deadline, masih bisa direpotin anak-anak….. artinya kita masih bisa punya duit nanti akhir bulan.

*cups dini atas kalimat polosnya yang kadang bijak*

 

Sepotong pikiran kembali muncul…

di atas awan beberapa hari yang lalu saya berfikir, tanpa disadari mimpi-mimpi saya perlahan jadi nyata. Simple things kaya: pingin deh nanti kalo udah kerja kantornya di daerah sudirman aja…. Kayanya keren *pikiran anak kecil yang jadi kenyataan*. Pingin deh punya handphone yang bisa ini bisa itu, pingin deh pergi ke sini-ke situ, pingin deh ngerasain ini, melakukan itu…. Hal kecil berupa hayalan baik terucap maupun enggak, bahkan kalo orang jawa bilang nge-batin aja… satu-satu kini jadi kenyataan.

 

Kembali ke monitor, sebuah sms bernada pedas masuk. Status mood langsung berubah jadi bete. Tentang pekerjaan. Seorang teman kerja menegor saya via sms karena (dia bilang) gak enak ngomong langsung. Ia mempertanyakan kinerja saya, sedikit memahami saya, dan menawarkan pengalihan tugas. Sejenak berfikir tiba-tiba bohlam dikepala pun menyala. AHA…. Mungkin ini saya satu keinginan yang akan jadi kenyataan juga. Perkerjaan yang sudah 5 tahun saya pegang mungkin sudah waktunya di lengserkan ke yang lebih junior. Kenapa enggak. Beberapa tahun yang lalu saya pernah bilang sampai kapan yang tiap hari harus terikat dengan ini setiap pagi.

 

Sorenya seorang teman yang lain mem follow up hasil meting minggu lalu, tentang rolling pekerjaan

“ay… kapan gw diajarin?”

cling!!! Pekerjaan lain yang lagi-lagi sudah 5 tahun dipercayakan pada saya sampai jadi trade mark tersendiri, sudah waktunya di lengserkan.

 

Entah ya, beberapa hari ini saya seperti diingatkan. Klise, tapi benar… semua ada waktunya. Jadi gak boleh maksa harus sekarang. Walau seringnya lupa..hehe

Dengan tersenyum saya berwudhu…sambil ngebatin lagi, “ya Allah kalau memang bukan dia yang ada di hati yang akan jadi imam saya, tolong mudahkan ia pergi dari hati. Gantilah ia dengan yang engkau ridhoi. Kalau memang dia, jadikanlah hambamu mampu”

Senin, 26 Januari 2009

TebaK Kata...




Hayooo....


siapa yang bisa tebak anak-anak ini lagi membentuk tulisan apa?


 



 

Senin, 12 Januari 2009

Minggu, 04 Januari 2009

My Blueberry Nights

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Alurnya agak lambat...... buat yang gak suka model film seperti ini pasti udah ngerasa bosen di awal.
Tapi sebenernya jalan ceritanya gak ngebosenin...cuma memang berisi potongan potongan cerita yang details.

Tentang seorang elizabeth (Norah Jones) yang putus hubungan dengan pacarnya, getting over a relationship, travels across America to heal herself.

"How do you say goodbye to someone you can't imagine living without? I didn't say goodbye.
I didn't say anything. I just walked away. "

Di awal cerita Elizabeth bertemu dengan Jeremy (Jude Law) yang memberinya banyak cerita.... curhat yang jadi rutinitas. Tiba-tiba Elizabeth pergi disaat Jeremy mulai menikmati hubungan saling berbagi cerita mereka setiap malam.
Dalam perjalanannya Elizabeth bertemu banyak kisah cinta yang harus berakhir.... belajar bagaimana merelakan cinta yang harus berakhir.

Dalam setiap ksahnya Elizabeth selalu mengirim surat kepada Jeremy.
Sementara Jeremy berusaha dengan keras mencari keberadaan Elizabeth dengan menelepon semua kios makan yang mungkin menjadi tempat Elizabeth bekerja.

Gw suka warna-warna di film ini, settingnya, akting masing- masing karakter pas banget. Rachel Weisz is heartbreaking dan Jude law pastinya yaaaah.

"Elizabeth: Why do you keep them? You should just throw them out.
Jeremy: No. No, I couldn't do that.
Elizabeth: Why not?
Jeremy: If I threw these keys away then those doors would be closed forever and that shouldn't be up to me to decide, should it?
Elizabeth: I guess I'm just looking for a reason.
Jeremy: From my observations, sometimes it's better off not knowing, and other times there's no reason to be found. "


-------
Jude Law ... Jeremy
Norah Jones ... Elizabeth
David Strathairn ... Ofcr. Arnie Copeland
Rachel Weisz ... Sue Lynne Copeland
Natalie Portman ... Leslie

Kamis, 01 Januari 2009

Bin-titan? -> Bawang putih obatnya! :)

 

*I've editted this journal.... setelah ketemu obatnya*

 

Tadi malam, waktu lagi mantengin layar komputer mata rasanya berat pegel gitu.Gw kucek-kucek dikit tapi kok masih aja agak tebel gitu rasanya, terutama yang sebelah kiri. Mungkin ngantuk nih... akhirnya tidur lah gw

Eh pagi ini bangun tidur kok makin tebel yah? kayanya mau muncul bintitan!! waduh menyebalkan banget.

Bukan masalah sakitnya yang cuma pegel aja karena harus elotot biar gak risih, tapi malesnya ituw loh...hihi, pasti deh komentarnya "abis ngintipin siapa?"

Katanya penyebab bintitan adalah infeksi pada akar bulu mata!, bisa diakibatkan tangan kotor atau make up mata yang masih tertinggal.
 
Gejala-nya sih persis: "Rasa gatal disertai sedikit nyeri pada pinggir kelopak mata di tempat bulu mata tumbuh.

TIPS CARA MENGATASI BINTITAN:

- Biarkan hingga bintitan sembuh sendiri sekitar 1 minggu.-> huaaaaaaaaaa lama banget!!
- Kompres dengan handuk hangat kira-kira 15 menit 1-2 kali sehari untuk mempercepat kesembuhan.
- Periksa dokter bila hordeolum besar sampai menyentuh bola mata dan mata menjadi merah, atau bila kambuh.

Mungkin ke dokternya hari sabtu aja kalo bintitnya tambah besar -mudah2an enggak-

*info dari sini*

 

---

Ternyata bener kata nukie, obat paling cepet untuk ngempesin bintitan itu bawang putih

Cukup olesin getah bawang putih ke kelopak mata yang bengkak *jangan kena bola mata yah*

Gak usah banyak2 bawangnya motong sedikit aja, trus olesin. Setelah dioles akan kerasa panas di kelopak, tapi gak lama kok panasnya. Beberapa saat kemudian akan kerasa kelopaknya mengempis.